qqslot

FIGC Ajukan Adanya VAR Challenge Pada FIFA

Berita Olahraga

Amanda-alwaysdreaming.info – Sebuah usulan telah datang dari Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) untuk FIFA. Mereka mengajukan agar ada peraturan soal VAR Challenge di ajang Liga Italia Serie A. Yang mana sistem challenge ini akan mengadopsi sistem dari cabang olahraga tenis dan juga bulutangkis.

Serie A sendiri sudah menggunakan VAR dalam setiap pertandingan yang mereka jalankan sejak musim 2017/18 lalu. Namun, protes masih cukup sering bermunculan dari para pelatih klub Serie A. Yang terakhir adalah pelatih Napoli, Gennaro Gattuso mengkritik kinerja wasit Antonio Giua. Hal itu karena wasit tidak mengecek VAR seusai Arkadiusz Milik dijatuhkan di kotak penalti saat timnya dikalahkan Lecce 2-3, pekan lalu.

Para pelatih juga menilai bahwa wasit jarang menggunakan VAR dalam beberapa kejadian yang berpotensi menghadirkan kontroversi. Contohnya terjadi dalam Serie A 2019/20 pekan lalu. Ketika itu, Parma dan Napoli merasa dirugikan oleh keputusan wasit yang tidak memberi mereka penalti. Mereka meminta wasit untuk mengecek VAR. Namun, wasit bergeming.

Alhasil, akibat dari beberapa kontroversi yang terjadi ini, FIGC pun mengeluarkan usulan mengenai VAR Challenge kepada FIFA. Mereka bahkan sudah siap untuk melakukan eksperimen mengenai hal ini, dengan pengawasan dari FIFA tentunya. Kami sudah menerima banyak permintaan dari klub-klub Liga Italia Serie A soal eksperimen mengenai VAR Challenge. Kami siap melakukan eksperimen soal itu,” ujar pernyataan resmi dari FIGC.

Baca Juga : QQslot

Jadi, VAR Challenge ini sejatinya akan mirip-mirip dengan close line call dalam cabor tenis. Nantinya, jika memang itu diterapkan, pelatih bisa meminta wasit untuk meninjau sebuah kejadian yang berpotensi menghadirkan kontroversi.

Presiden FIGC Gabriele Gravina sudah meminta Kepala Wasit Serie A, Nicola Rizzoli, untuk menginstruksikan wasit agar tidak ragu untuk menggunakan VAR dalam situasi kontroversial. Saat ini Liga Italia Serie A sudah hampir memasuki tahap akhir kompetisi.

IFAB selaku badan yang mengatur aturan sepak bola dunia rencananya akan mengadakan pertemuan pada 29 Februari kelak. Rencananya, di situ VAR akan menjadi topik pembicaraan dan juga usulan FIGC untuk Serie A ini bisa saja menyeruak ke permukaan.

Berlandaskan pada keinginan dan juga semangat yang sama untuk berinovasi pada era sepak bola ini. FIGC telah menerima permintaan dari klub-klub Liga Italia Serie A dan secara informal telah menyampaikan ke FIFA tentang kemungkinan untuk mengajukan hak keberatan [challenge] dalam pertandingan. Begitu pernyataan dari FIGC.

Hal ini datang dengan keyakinan bahwa dengan cara menempuh jalan yang telah kami mulai. Kami akan bisa membawa sepakbola ke dimensi lain, secara bertahap lebih dekat dengan jutaan fans. Serta tanpa merusak otoritas wasit, tetapi sebaliknya justru memberikan alat bantu yang konkret, begitu lanjutnya.

Akan tetapi, wacana pengenalan sistem “challenge” di Liga Italia Serie A ini belum masuk kedalam agenda pembahasan IFAB. Yang mana IFAB akan mengadakan pertemuan umum tahunan mereka di Irlandia Utara yang akan digelar pada 29 Februari mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *